Review Drawing Porter (Autodesk Inventor add-in tool)

Autodesk Inventor Drawing Porter
Drawing Porter


Hai teman-teman semua.. apa kabar ??
Kembali lagi kita bertemu

Kali ini saya akan membahas tentang salah satu tool gratiss untuk software Autodesk Inventor, yang sangat berguna sekali.

Namanya adalah "Drawing Porter"

Berikut ini adalah tampilan software nya

Autodesk Inventor Drawing Porter
Image 1.


Teman-teman bisa mendapatkan software tersebut disini

Lalu pertanyaannya apakah kegunaan dari software tambahan tersebut ??

Kegunaan utama dari software tambahan tersebut adalah untuk melakukan tracking dari gambar kerja atau dalam hal ini format .idw pada suatu assembly, yang berdasarkan penamaan file dari semua part assemblynya..

Sebagai contoh, saya memiliki suatu produk tangki sebagai berikut

SS IBC Tank
Image 2.

Dari gambar diatas dapat dilihat kalau produk tersebut memiliki beberapa part yang dapat dilihat pada browser yang terletak di sebelah kiri gambar.

Kemudian kita bisa membuka aplikasi "Drawing Porter" add-in tools dengan melakukan double klik pada ikon aplikasi. (Catatan : Drawing porter adalah software yang terpisah dari aplikasi autodesk inventor, sehingga apabila kita melakukan instalasi, maka dia akan memiliki ikon tersendiri pada dekstop, teman-teman bisa membukanya dengan cara mengklik pada ikon tersebut).

Setelah terbuka aplikasinya , maka kita tinggal membuka file produk yang akan kita cek gambar kerja atau file .idw apa saja yang sudah ada atau sudah pernah dibuat sebelumnya.

Teman-teman bisa melihat di video berikut ini :




Dalam video tersebut terlihat seperti apa tampilan aplikasi drawing porter yang sedang kita bahas, dan juga bagaimana cara penggunaannya, memang terlihat cukup mudah untuk teman-teman gunakan.

Berikut ini adalah beberapa tips menggunakan aplikasi drawing porter tersebut :
1. Pastikan saat membuka drawing porter , Aplikasi Autodesk Inventor dalam keadaan terbuka.
2. Pastikan teman-teman menggunakan "project file" yang tepat dalam Autodesk Inventor sehingga tidak muncul eror saat pencarian file.
3. Setealah pencarian selesai, teman-teman dapat melihat file part mana saja yang belum memiliki drawing dan kemudian teman-teman bisa kembali ke Software Autodesk Inventor untuk membuat gambar kerja part tersebut.

Kesimpulannya, bagi teman-teman yang seringkali mengalami masalah mengecek gambar kerja dan menjadikannya sebagai drawing pack untuk produksi, tidak ada salahnya untuk mencoba tool ini, karena sangat berguna dan dapat menghemat waktu pekerjaan teman-teman semua.

Demikianlah pembahasan kita kali ini, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk teman-teman semuanya..

~Stay Hungry ang Stay Foolish~

Postingan terkait:

4 Tanggapan untuk "Review Drawing Porter (Autodesk Inventor add-in tool)"

  1. Mantap ka muchlis... mirip kaya vault... jadi kita tau gambar iam atau ipt tersebut sudah memiliki gambar kerja (idw) atau tidak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mahpudin, cuma kalau di vault itu bisa diatur lebih advance lagi

      Delete
  2. Dear mas muchlis.. Bermanfaat sekali infonya, mau tanya mas.. Berarti nama drawing .idw yang kita buat harus sama persis dengan nama2 file Assy/Subassy/Part nya kah? Kalau iya berarti dgn begitu satu file idw hanya untuk satu file Assy/Subassy/part juga ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya zulfan betul sekali, ini hanya berfungsi apabila setiap satu part atau satu sub assembly memiliki satu gambar tersendiri, biasanya ini yang dipakai di perusahaan2 sekarang2 ini termasuk di perusahaan tempat saya bekerja sekarang

      Delete